Cara Membuat Kolam Ikan Terpal

Posted by Noer Rachman Hamidi

Kolam ikan terpal menjadi populer sekarang sejak semakin minimnya jumlah lahan yang bisa digunakan untuk membuat kolam ikan secara permanen. terutama bagi para peternak ikan yang menggunakan sistem sewa lahan untuk mengembang biakkan ikannya. Ada banyak jenis ikan yang bisa dibudidayakna dengan menggunakan kolam ikan terpal. Diantaranya lele yang sedang naik daun saat ini.
Berikut ini adalah cara emmbuat kolam ikan terpal yang diambil dari sumber: "Budidaya Ikan di Kolam Terpal" karangan Cahyo Saparinto
1. Siapkan bambu yang akan digunakan. Kemudian pasang bambu - bambu tersebut dengan model dan bentul seperti gambar di bawah ini. Kolam terpal sendiri bisa dibuat dalam ukuran 2 x 3 x 1 meter, 4 x 5 x 1 meter, atau 4 x 8 x 1 meter.

2. Pasang terpal yang telah dilubangi bagian tepinya dan diberi ring logam supaya tidak gampang robek. Kemudian ikat terpal pada kerangka bambu. Kebutuhan terpal untuk masing - masing ukuran kolam adalah sebagai berikut:
kolam ukuran 2 x 3 x 1 meter membutuhkan luas terpal 4 x 5 meter
kolam ukuran 4 x 5 x 1 meter membutuhkan luas terpal 6 x 7 meter
 







3 Langkah terakhir adalah memasang pipa atau selang untuk saluran pembuangan air apabila kolam kelebihan air. Cara memasang pipa atau selang bisa melihat gambar dibawah ini:










www.agribisnis-indonesia.com
Description: Cara Membuat Kolam Ikan Terpal
Rating: 4.5
Reviewer: google.com
ItemReviewed: Cara Membuat Kolam Ikan Terpal
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Cara Membuat Kolam Ikan Terpal ini pada akun jejaring sosial anda, dengan URL : http://peternakan.rumah-hikmah.com/2013/05/cara-membuat-kolam-ikan-terpal.html

Bookmark and Share